Rapid Antigen di Kereta Api Terakhir Hari Ini

oleh -15 views
Rapid Test Antigen
JAGA-JAGA: Petugas keamanan memantau di Stasiun Kejaksan. Rapid test antigen di kereta api terakhir diberlakukan Jumat (8/1) atau hari ini. Daop III Cirebon hingga kemarin belum memutuskan. Foto Okri Riyana/Radar Cirebon

CIREBONRapid test antigen di kereta api (KA) sebagai syarat perjalanan terakhir, diberlakukan hari ini (8/1). Daop III Cirebon hingga kemarin sore belum memutuskan, apakah aturan tersebut kembali dilanjut atau tidak. Termasuk soal skema penumpang menghadapi rencana PSBB Jawa-Bali mendatang.

“Belum ada aturan terbaru dari Kemenhub RI atau Satgas Covid-19. Baik kelanjutan rapid test atau menghadapi rencana PSBB mendatang. Kalau sudah ada informasi akan segera kami infokan,” ujar Manager Humas KAI Daop III Cirebon, Luqman Arif kepada Radar Cirebon kemarin.

Aturan itu sesuai dengan surat edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Kemudian, surat edaran Kemenhub Nomor 23 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19. Sebelum rapid test antigen, KAI memberlakukan kewajiban menyertakan rapid test antibody. Dengan mengambil sampel darah pada ujung jari.

Daop III Cirebon memfasilitasi tiga stasiun untuk rapid test antigen tesebut. Yakni Stasiun Cirebon Kejaksan, Cirebon Prujakan dan Stasiun Jatibarang. Pemeriksaan antigen membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit. Bisa dilakukan saat atau sebelum hari keberangkatan. “Di stasiun itu rata-rata setiap hari yang melakukan rapid test antigen sekitar 150 orang,” kata Luqman.

Ditambahkan, kalau puncak okupansi penumpang terjadi pada Minggu (3/1) kemarin. Di mana, kapasitas 70 persen dari seluruh jumlah kursi terpenuhi. Seperti diketahui sebelumnya, pelanggan KA jarak jauh di Pulau Jawa diharuskan untuk menunjukkan hasil rapid test antigen yang negatif sebagai syarat untuk naik kereta api. Mulai 22 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

Rapid test antigen berlaku selambat-lambatnya tiga hari sebelum tanggal keberangkatan (H-3) atau swab test PCR dengan hasil negatif paling lambat 14 hari sebelum keberangkatan (H-14). Adapun syarat-syarat tersebut tidak diwajibkan untuk pelanggan KA jarak jauh dengan usia di bawah 12 tahun. (ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *