Gawat, Siap-siap PSBB Lagi

oleh -16 views
PSBB

CIREBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon siap menjalankan keputusan pemerintah pusat yang akan kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jawa Bali, terhitung 11-25 Januari 2021. Meski demikian, petunjuk pelaksanaan PSBB kali ini masih ditunggu untuk dipelajari dan dibuatkan aturan turunannya untuk tingkat Kota Cirebon.

Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi menerangkan, pihaknya siap menindaklanjuti. Rencananya, Kamis pagi (7/1) akan digelar briefing staff yang diikuti oleh seluruh kepala perangkat daerah di Kota Cirebon, yang juga akan membahas tindaklanjut dari keputusan pemerintha pusat tersebut.

“Kalau itu sudah menjadi keputusan di pusat, tentu kita harus menindaklanjutinya. Tapi, petunjuk pelaksanaanya masih menunggu atau meminta penjelasan seperti apa,” ujar pria yang akrab disapa Gusmul tersebut, Rabu (6/1).

Termasuk, jika memungkinkan ada kebijakan yang sifatnya kearifan lokal untuk diterapkan pada PSBB di Kota Cirebon. Hal tersebut juga akan dibahas dalam rapat bersama para kepala perangkat daerah.

“Nanti, perangkat daerah diminta merumuskan formulasinya. Karena, waktu pemberlakuan PSBB itu direncanakan 11 Januari. Kalau kita susun dari sekarang, kemungkinan dimasukkannya klausul pembatasan yang bersifat kelokalan, masih ada waktu untuk mengkaji,” tuturnya.

Di Kota Cirebon sendiri, saat ini belum ada ketentuan pembatasan yang bersifat menekan laju penambahan kasus Covid-19. Hanya di tingkat birokrasi saja, pemkot saat ini tengah berlaku pola kerja work from home (WFH), dengan pola masuk kerja 50 persen dari jumlah pegawai, berlaku hingga 16 Januari 2021.

“Selebihnya berlaku New Normal. Karena pembatasan jam operasional usaha yang kemarin sudah diterbitkan edarannya, hanya berlaku saat malam tahun baru,” imbuhnya. (azs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *