Disunnahkan Sebagai Takjil Saat Berbuka Puasa, Segini Harga Kurma Ajwa

oleh -162 views
DISUNNAHKAN: Kurma menjadi salah satu pilihan favorit untuk berbuka puasa. Selain karena disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW, memakan kurma saat berbuka puasa juga dapat memulihkan energi dan baik untuk kesehatan. FOTO. KHOIRUL ANWARUDIN/RADAR CIREBON
DISUNNAHKAN: Kurma menjadi salah satu pilihan favorit untuk berbuka puasa. Selain karena disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW, memakan kurma saat berbuka puasa juga dapat memulihkan energi dan baik untuk kesehatan. FOTO. KHOIRUL ANWARUDIN/RADAR CIREBON

Radarcirebon.com, KOTAWALI – Buah kurma menjadi salah satu pilihan favorit untuk berbuka puasa.

Selain karena disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW, memakan buah padang pasir ini saat berbuka puasa juga dapat memulihkan energi dan baik untuk kesehatan. Pasalnya, kandungan gizinya kompleks.

Baca juga: Ternyata Bukan Arab Saudi Penghasil Kurma Terbesar di Dunia, Tapi Negara ini…

Salah satu tempat yang ramai berjualan kurma di Cirebon adalah Jalan Panjunan. Yang juga merupakan sentra oleh-oleh khas Timur Tengah.

Ismail, pemilik Toko Sohibi yang menyediakan berbagai jenis kurma mengatakan, penjualan kurma pada tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Walaupun jika dibandingkan dengan sebelum pandemi, kondisinya masih belum terlalu bagus.

“Karena pandemi ini, kami juga terpengaruh. Dibanding sebelum pandemi, dua tahun lalu penurunannya cukup jauh, Bisa 35-50 persen,” ungkapnya.

Ismail sendiri mengaku menjual berbagai jenis kurma, yang diimpor langsung dari negara negara seperti Arab Saudi, Oman, Yordania, Iran, Mesir, Tunisia hingga Amerika Serikat.

Saat ini, kurma yang paling diminati adalah kurma dari Mesir, seperti Golden Valley, Rabbe. Kurma jenis tersebut memiliki warna yang agak kuning dan teksturnya lembab, agak basah. Harga yang tergolong murah. Yakni antara Rp25 ribu-Rp40 ribu/kilogram.

Selain itu, ada juga jenis kurma Sukkari. Kurma Sukkari berasal dari Madinah. Kurma jenis ini, kata Ismail tengah menjadi primadona. Bahkan kurma ini diperkirakan harganya akan terus mengalami kenaikan.

“Sebelum puasa, harganya Rp120 ribu/karton yang berisi 3 kilogram. Namun ada kabar dari importir bahwa harganya akan naik. Sekarang per karton harganya Rp150 ribu. Seminggu ke depan, kemungkinan harganya sudah di angka Rp180 ribu/karton,” paparnya.

Baca juga: Raja Salman Beri Kurma, Sembako dan Paket Berbuka Puasa, Kemenag RI: Terima Kasih Arab Saudi

Sementara itu, untuk kurma Ajwa merupakan kurma yang disunahkan dimakan sebagai takjil, memiliki harga yang cukup tinggi. Untuk kurma Ajwa kualitas super, harganya antara Rp180 ribu-Rp190 ribu/kilogram. Sedangkan untuk kualitas medium, harganya Rp150 ribu/kilogram.

Selain itu, ada juga kurma Bam dari Iran yang terkenal memiliki tekstur yang sangat lembut dan manis seperti madu. Kemudian ada juga kurma Tunisia, Maroko dan Aljazair yang disebut Kurma Deglet Noor.

Kurma ini diberikan nama tersebut karena pada bagian tengahnya tampak berwarna keemasan atau bercahaya saat dihadapkan ke sinar matahari.

Ada juga Kurma Medjol yang berasal dari Amerika Serikat. Kurma ini juga menjadi favorit. Apalagi yang didatangkan dari Palestina dan Madinah. “Itu banyak orang yang suka,” tandasnya. (awr/radarcirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.